..::::::..

Apa Yang Harus Dilakukan di Masa Fitnah

بسم الله الرحمن الرحيم

Apa Yang Harus Dilakukan

di Masa Fitnah

Pertanyaan: Apakah masa sekarang ini masa yang dimaksud dari sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam saat seorang sahabat bertanya: ‘Apa yang saya lakukan saat banyak terjadi fitnah dan perpecahan? Maka beliau bersabda menjawab pertanyaannya: “Ber‘uzlahlah (mengasingkan dirilah) dari manusia, duduklah di rumahmu.” Di dalam ‘ash-Shahih’, bab: (bagaimana kondisi bila tidak ada khalifah), pengertiannya adalah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh mereka saat terjadi fitnah agar i’tizal (mengasingkan diri), dan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sekalipun engkau menggigit batang pohon.” Mohon penjelasan makna hadits ini dan pendapat para ulama padanya.

Jawaban: Di dalam ash-Shahihain (Bukhari dan Muslim) dan yang lain, lafazh al-Bukhari:

dari Abu Idris al-Khaulani, ia mendengar Huzaifah bin Yaman radhiyallahu ‘anhu berkata: ‘Orang-orang bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang kebaikan dan aku bertanya kepada beliau tentang keburukan karena khawatir aku mendapatinya. Aku berkata: ‘Ya Rasulullah, sesungguhnya kami dulu di alam jahiliyah dan keburukan, lalu Allah swt datang kepada kami dengan kebaikan ini. Apakah setelah kebaikan ini ada keburukan/kejahatan?’ Beliau menjawab: ]Ya.’ Aku bertanya: ‘Apakah setelah keburukan itu ada kebaikan?’‘Ya, dan padanya ada dakhan (kekeruhan).‘[1] Aku bertanya: ‘Apakah kekeruhannya?’ Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: ‘Kaum yang memberikan petunjuk (bimbingan, arahan) dengan selain petunjukku. Engkau mengenal dari mereka dan mengingkari.‘ Aku bertanya lagi: ‘Apakah setelah kebaikan itu ada keburukan? Beliau menjawab: ‘Ya, Du’at (para pengajak) atas pintu-pintu jahanam, siapa yang menjawab mereka kepadanya niscaya mereka melemparnya ke dalamnya.‘ Aku berkata: ‘Ya Rasulullah, gambarkanlah mereka untuk kami.’ Beliau menjawab: ‘Mereka berasal dari suku kita dan berbicara dengan lisan kita.‘ Aku berkata: ‘Apakah perintah engkau kepadaku jika aku mendapati hal itu? Beliau bersabda: ‘Engkau tetap bersama jama’ah kaum muslimin dan imam (pemimpin) mereka.“ Aku berkata: ‘Jika tidak ada jama’ah bagi mereka dan tidak ada imam?’ Beliau bersabda:

فَاعْتَزِلْ تِلْكَ الْفِرَقَ كُلَّهَا وَلَوْ أَنْ تَعُضَّ بِأَصْلِ شَجَرَةٍ حَتَّى يُدْرِكَكَ الْمَوْتُ وَأَنْتَ عَلَى ذلِكَ

‘Uzlahlah (hindarilah, jauhilah) kelompok-kelompok itu semuanya, sekalipun engkau menggigit batang pohon sampai kematian datang menjemputmu sedang engkau dalam kondisi seperti itu.”[2]

Zaman itu tidak khusus dengan zaman sekarang, namun berlaku umum di setiap zaman dan tempat, sejak masa sahabat di zaman fitnah dan khuruj (tidak taat, memberontak) terhadap khalifah Utsman radhiyallahu ‘anhu.

Dan yang dimaksud menjauhi manusia di zaman fitnah adalah: penjelasan yang diberikan al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah dalam ‘al-Fath‘ dari ath-Thabari bahwa ia berkata: ‘Apabila manusia tidak mempunyai pemimpin (imam), orang-orang terpecah belah menjadi beberapa kelompok, maka ia jangan mengikuti salah satu kelompok, dan ia menjauhkan diri dari semua jika ia mampu melakukan hal itu karena khawatir terjerumus dalam keburukan/kejahatan.[3] Dan apabila ia mendapatkan satu kelompok yang lurus di atas kebenaran, ia harus bergabung kepadanya dan memperbanyak jumlahnya serta tolong menolong bersamanya di atas kebenaran, karena ia –dan kondisi seperti yang disebutkan- adalah jama’ah kaum muslimin bagi laki-laki itu dan untuk masa itu.

Wabillahittaufiq, semoga shalawat dan salam selalu tercurah kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.

Fatawa Lanjah Daimah (Tim Tetap) Untuk Riset Ilmu dan Fatwa 3/95-96.

﴿ ماذا تفعل في زمن الفتنة؟ ﴾

« باللغة الإندونيسية »

إفتاء : اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

Terjemah : Muhammad Iqbal A. Gazali

Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad

2010 – 1431

islamhouse.com

http://www.islamhouse.com/p/285596

ما يفعل وقت الفتن

السؤال الأول من الفتوى رقم ( 7703 ) :

س1: هل هذا الزمان هو المقصود من قول الرسول صلى الله عليه وسلم عندما سأله صحابي: ماذا أفعل عندما تكثر الفتن والفرقة؟ فقال له ردا على سؤاله: “اعتزل الناس اجلس في بيتك” وفي [الصحيح] في كتاب الفتن، باب (كيف الحال إذا لم يكن خليفة) الحديث فيما معناه: أنه صلى الله عليه وسلم أمرهم عند نزول النوازل بالاعتزال، وقال: “ولو أن تعض على أصل شجرة” نرجو توضيح هذا الحديث، وأقوال العلماء فيه؟

ج1: في الصحيحين، وغيرهما، واللفظ للبخاري ، عن أبي إدريس الخولاني أنه سمع حذيفة بن اليمان يقول: صحيح البخاري المناقب (3411),صحيح مسلم الإمارة (1847),سنن أبو داود الفتن والملاحم (4244),سنن ابن ماجه الفتن (3979),مسند أحمد بن حنبل (5/404). كان الناس يسألون رسول الله صلى الله عليه وسلم عن الخير وكنت أسأله عن الشر مخافة أن يدركني، فقلت: يا رسول الله، إنا كنا في جاهلية وشر فجاءنا الله بهذا الخير، فهل بعد هذا الخير من شر؟ قال: نعم، قلت: وهل بعد ذلك الشر من خير؟ قال: نعم، وفيه دخن ، قلت: وما دخنه؟ قال: قوم يهدون بغير هديي تعرف منهم وتنكر ، قلت: فهل بعد ذلك الخير من شر؟ قال: نعم، دعاة على أبواب جهنم من أجابهم إليها قذفوه فيها ، قلت: يا رسول الله، صفهم لنا، قال: هم من جلدتنا ويتكلمون بألسنتنا ، قلت: فما تأمرني إن أدركني ذلك؟

(الجزء رقم : 3، الصفحة رقم: 136)

قال: تلزم جماعة المسلمين وإمامهم” قلت: فإن لم يكن لهم جماعة ولا إمام؟ قال: فاعتزل تلك الفرق كلها ولو أن تعض بأصل شجرة، حتى يدركك الموت وأنت على ذلك .

والزمن ليس خاصا بهذا الزمان، وإنما هو عام في كل زمان ومكان، من عهد الصحابة رضي الله عنهم زمن الفتنة والخروج على عثمان رضي الله عنه. )

فتاوى اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء – (ج 3 / ص 324)

والمراد من اعتزال الناس زمن الفرقة: ما ذكره الحافظ ابن حجر رحمه الله في الفتح عن الطبري أنه قال: متى لم يكن للناس إمام فافترق الناس أحزابا فلا يتبع أحدا في الفرقة، ويعتزل الجميع إن استطاع ذلك خشية من الوقوع في الشر، ومتى وجد جماعة مستقيمة على الحق لزمه الانضمام إليها وتكثير سوادها والتعاون معها على الحق؛ لأنها والحال ما ذكر هي جماعة المسلمين بالنسبة إلى ذلك الرجل وذلك المكان.

وبالله التوفيق. وصلى الله على نبينا محمد، وآله وصحبه وسلم.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

عضو … عضو … نائب رئيس اللجنة … الرئيس

عبد الله بن قعود … عبد الله بن غديان … عبد الرزاق عفيفي … عبد العزيز بن عبد الله بن باز

(الجزء رقم : 3، الصفحة رقم: 137)

فتاوى اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء – (ج 3 / ص 324- 323)

Dari aku untuk mu…

[1] Makna (padanya ada dakhan): maksudnya kekeruhan, diserupakan dengan asap kayu bakar. Maksudnya: kebaikan itu tidak murni, tetapi ada kekeruhan, hati tidak bersih satu sama lain, tetapi padanya ada dendam, kerusakan dan perbedaan/perselisihan. Lihat: Syarh an-Nawawi atas Shahih Muslim 2/236,237 dan Fathul Bari 13/36.

[2] Al-Bukhari 3606, 7084 dan Muslim 1847.

[3] Fathul Bari 13/37



Artikel Terkait:

0 komentar:

Flash

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP