..::::::..

MUNGKINKAH MENGETAHUI HADITS PALSU TANPA MELIHAT SANAD?

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:“Pertanyaan seperti ini sangat berharga dan berbobot, yang mengetahui hal itu hanyalah orang-orang yang mendalam pengetahuannya terhadap hadits-hadits yang shahih, dan pengetahuan itu sudah mendarah daging dalam dirinya. Maka jadilah dia memiliki kemampuan, memiliki spesialisasi yang mendalam terhadap pengetahuan hadits-hadits dan atsar (riwayat dari selain Nabi), dia juga mengetahui sejarah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, mengetahui petunjuk beliau dalam hal-hal yang beliau perintahkan dan apa yang beliau larang. Dia juga mengetahui kabar/berita dari beliau shallallahu ‘alaihi wasallam, apa yang beliau dakwahkan, apa yang beliau cintai, apa yang beliau benci, dan apa yang beliau syri’atkan untuk ummatnya, yang mana dia seolah-olah bergaul dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam seakan-akan dia adalah salah seorang Shahabat Nabi.

Maka orang yang seperti ini keadaannya, dia mengetahui ciri-ciri atau keadaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, petunjuknya, ucapan-ucapannya, dan apa yang boleh disampaikan dan apa yang tidak boleh disampaikan, dari sesuatu yang tidak diketahui oleh selainnya. Dan ini adalah kondisi seorang pengikut terhadap orang yang diikutinya…..Sampai beliau rahimahullah berkata:“Dan akan Kami beritahukan beberapa perkara yang global, yang dengannya dapat diketahui bahwa hadits tersebut palsu. Di antaranya:

1. Terkandung di dalamnya perkataan-perkataan yang kacau dan tidak beraturan, yang tidak mungkin Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berbicara dengan perkataan-perkataan semisal itu.

2. Didustakan oleh panca indera; seperti hadits (palsu):

” الباذنجان لما أُكِل له ” .

“Terong itu tergantung niat yang memakannya.”

3. Buruknya makna hadits dan keadaannya yang menggelikan, seperti hadits (palsu):

” لو كان الأرز رجلاً ؛ لكان حليمًا ” الحديث .

“Sekiranya beras adalah seorang laki-laki maka niscaya dia akan menjadi laki-laki yang lembut.”

4. Pertentangannya yang nyata dengan hadits yang shahih dan terang, maka setiap hadits yang di dalamnya ada kerusakan, kezhaliman, kesia-siaan, pujian kepada kebathilan, celaan terhadap kebenaran dan lain-lain, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berlepas diri diri hadits-hadits yang semacam itu.

Aku (Ibnul Jauzi rahimahullah) berkata:“Dan penafsiran “Pertentangannya dengan ushul (pokok) agama” yang digunankan Ibnul Qayyim lebih utama dibandingkan penafsiran orang yang menafsirkannya dengan “tidak adanya hadits itu di dalam kitab-kitab Islam.”

5. Mengaku/mengklaim bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melakukan sesuatu perbuatan yang terang dan jelas di hadapan para semua Shahabat radhiyallahu ‘anhum, dan para Shahabat bersepakat untuk menyembunyikan hadits tersebut dan tidak menyampaikannya. Ibnul Qayyim rahimahullah mencontohkan dengan perkataan Rafidhah tentang wasiat beliau kepada ‘Ali radhiyallahu ‘anhu.

6. Perkataan tersebut sama sekali tidak mirip dengan ucapan para Nabi ‘alaihimussalam, lebih-lebih kalau dibandingkan dengan ucapan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

7. Disebutkan dalam hadits tersebut waktu tertentu (bulan, atau tahun tertentu) seperti ucapan:“Jika datang tahun ini dan itu maka akan terjadi seperti ini dan seperti ini, Jika datang bulan ini dan itu maka akan terjadi seperti ini dan seperti ini.” Sebagaimana dalam hadits (palsu):
” إذا انكسف القمر في المحرم؛ كان الغلاء ، والقتال ، وشغل السلطان ، وإذا انكسف في صَفَر ؛ كان كذا وكذا ” .

“Jika terjadi gerhana bulan pada bulan Muharran maka akan terjadi kenaikan harga, peperangan, dan kesibukan Raja. Dan jika terjadi pada bulan Shafar maka akan terjadi ini dan itu.”

8. Hadits-hadits tentang Shalat nishfu Sya’ban

9. Hadits-hadits tentang shalat-shalat tertentu pada hari-hari atau malam-malam khusus.

10. Hadits-hadits yang menceritakan tentang kisah Khidir dan tentang hidupannya beliau saat ini, tidak ada satu pun hadits yang shahih.

(Sumber: هل يمكن معرفة الحديث الموضوع بضابط من غير أن يُنْظَر في سنده ؟ dari http://salahmera.com/vb/showthread.php?t=1715 dengan ringkasan. Oleh Abu Yusuf Sujono

http://www.alsofwah.or.id/?pilih=lihathadits&id=262



Teks aslinya:

هل يمكن معرفة الحديث الموضوع بضابط من غير أن يُنْظَر في سنده ؟
قال الإمام ابن القيم – رحمه الله – :
هذا سؤال عظيم القدْر، وإنما يَعْلَم بذلك مَنْ تضلَّع في معرفة السنن الصحيحة، واختلطت بلحمه ودمه، وصار له فيها مَلَكَة ، وصار له اختصاص شديد في معرفة السنن والآثار، ومعرفة سيرة رسول الله – صلى الله عليه وعلى آله وسلم – وهديه فيما يأمر به، وينهى عنه ، ويخبر عنه ، ويدعو إليه ، ويحبه ، ويكرهه ، ويشرعه للأمة ، بحيث كأنه مخالط للرسول – صلى الله عليه وعلى آله وسلم – كواحد من أصحابه، فمثل هذا يعرف أحوال الرسول – صلى الله عليه وعلى آله وسلم – وهديه، وكلامه، وما يجوز أن يخبر به، وما لا يجوز، مالا يعرفه غيره، وهذا شأن كل مُتَّبِع مع مَتْبوعه ….” إلى أن قال – رحمه الله – : ” ونحن ننبه على أمور كلية ، يُعْرَف بها كون الحديث موضوعًا ، منها :
1- اشتماله على أمثال هذه المجازفات،التي لا يقول مثلها رسول الله -صلى الله عليه وعلى آله وسلم- .
2- تكذيب الحِسّ له، كحديث:” الباذنجان لما أُكِل له ” .
3- سماجة الحديث، وكونه مما يُسْخَر منه، كحديث: ” لو كان الأرز رجلاً ؛ لكان حليمًا ” الحديث .
4- مناقضة الحديث لما جاءت به السنة الصريحة مناقضة بَيِّنةً ، فكل حديث يشتمل على فسادٍ، أو ظلم ، أو عَبَث ، أو مدح باطل ، أو ذم حق، أو نحو ذلك ، فرسول الله – صلى الله عليه وعلى آله وسلم – منه بريء .
قلت : وتفسير” مناقضة الأصول بما ذكره ابن القيم أولى من تفسير من فسرها بعدم وجود الحديث في دواوين الإسلام(1).
5- أن يَدَّعي على النبي – صلى الله عليه وعلى آله وسلم – أنه فعل أمرًا ظاهرًا بمحضر من الصحابة كلهم، وأنهم اتفقوا على كتمانه ، ولم ينقلوه …. ومثَّل ابن القيم لذلك بقول الراوفض في الوصية لعلي – رضي الله عنه – .
6- أن يكون الحديث باطلاً في نفسه، فيدل بطلانه على أنه ليس من كلام الرسول – صلى الله عليه وعلى آله وسلم – .
7- أن يكون كلامه لا يشبه كلام الأنبياء فضلاً عن كلام الرسول -صلى الله عليه وعلى آله وسلم- .
8- أن يكون في الحديث تاريخ كذ وكذا، مثل قوله: ” إذا كان سنة كذا وكذا؛ وقع كَيْت وكَيْت، وإذا كان شهر كذا وكذا ،وقع كَيْت وكيت، كما في حديث: ” إذا انكسف القمر في المحرم؛ كان الغلاء ، والقتال ، وشغل السلطان ، وإذا انكسف في صَفَر ؛ كان كذا وكذا ” .
9- أن يكون بوصْف الأطباء والطرقية أشبه وأليق ، كما في حديث ” أكل السمك يوهن الجسد، والهريسة تشد الظهر ” .
10- أحاديث العقل كلها كذب .
11- الأحاديث التي يذكر فيها الخضر وحياتة : كلها كذب ، ولا يصح في حياته حديث واحد .
12- أن يكون الحديث مما تقوم الشواهد الصحيحة على بطلانه .
13- مخالفة الحديث صريح القرآن ، كحديث: مقدار الدنيا،وأنها سبعة آلاف،ونحن في الألف السابعة .
14- أحاديث صلوات الأيام والليالي … إلى آخر الأسبوع .
15- أحاديث صلوات ليلة النصف من شعبان .
16- ركاكة ألفاظ الحديث وسماجتها ، بحيث يمجّها السمع ، ويدفعها الطبع، ويسمج معناها للفطن، كحديث: ” أربع لا تَشْبع من أربع : أنثى مِنْ ذَكَر ، وأرض مِنْ مَطَر ، وعَيْن مِنْ نَظَر ، وأُذُن مِنْ خَبر”.
17-أحاديث ذم الحبشة والسودان كذب .
18- أحاديث ذم الترك ، ، وأحاديث ذم الخصيان ، وأحاديث ذم المماليك .
19- ما يقترن بالحديث من القرائن التي يعلم بها أنه باطل اهـ ملخصًا من ” المنار المنيف “(2).

__________
(1) قاله ابن الجوزي ، انظر ” التدريب ” ( 1 / 277 ) .
(2) ص 50 – 105 .



http://salahmera.com/vb/showthread.php?t=1715





Artikel Terkait:

0 komentar:

Flash

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP