JIL (Jaringan Iblis Liberal) โ Memuja akal
Allah Subhanahu wa Taโala menciptakan manusia adalah sebagai makhluk yang penuh dengan kekurangan. Dalam semua sisi kehidupan, kekurangan yang melekat pada manusia ini menyebabkan kemampuan yang dimiliki menjadi sangat terbatas.
Salah satu keterbatasan manusia itu adalah kemampuan akalnya. Setiap manusia yang masih bersih fitrahnya akan mengakui hal ini. Akal manusia tidak akan mampu mengetahui hakikat sesuatu secara sempurna, terlebih bila hakikat itu meliputi berbagai permasalahan.
Fungsi akal manusia yang paling besar adalah untuk mengetahui hakikat kebenaran. Apa kebenaran sejati itu? Sekali lagi, bagi orang yang fitrahnya masih suci, akan mengakui bahwa hanya dengan akalnya, seorang manusia tidak akan mencapai kebenaran sejati. Ia akan mengakui untuk mengetahui kebenaran harus melalui bimbingan Penciptanya yaitu Allah.
Namun tidak demikian dengan orang-orang yang terlalu โpercaya diriโ dengan kemampuan akalnya. Orang-orang yang merupakan penerus dari paham Muโtazilah ini merasa tidak butuh dengan bimbingan Allah untuk mengetahui kebenaran. Tidak cukup sampai di situ, bahkan dengan lancangnya mereka โmengobrak-abrikโ syariat Allah yang menurut akal mereka bukan merupakan kebenaran.
Di Indonesia gerakan ini sudah berlangsung cukup lama, antara lain dipelopori oleh Nurcholis Madjid, Munawir Syadzali, Ahmad Wahib, Harun Nasution, dan lain-lain. Kini, para pengusung madzhab ini bergabung dalam sebuah โsindikatโ bernama Jaringan Islam Liberal (JIL) yang dikomandani oleh Ulil Abshar Abdalla. Di wadah inilah, ide-ide gila mereka dikeluarkan secara lebih intens.
Ciri gagasan gila mereka adalah berisi gugatan (protes) terhadap syariat Allah yang menurut mereka tidak sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan dan akal mereka. Hampir semua sendi agama ini telah digugat mereka, seperti syariat tentang jilbab, hukum had, qishash, jenggot, jihad, larangan perkawinan antar agama, hukum waris, makna syahadat, kebenaran Al Qurโan, dan yang paling tinggi adalah gugatan terhadap Islam sebagai satu-satunya agama yang benar. (www.islamlib.com)
Intinya, mereka tidak setuju dengan aturan-aturan Allah itu dan kemudian memunculkan gagasan yang berlawanan dengannya.
Seperti gagasan bahwa semua agama selain Islam adalah benar, telah lama dilontarkan oleh mereka. Di antaranya oleh orang yang mereka anggap sebagai pelopor gerakan โPembaharu Pemikiran Islamโ di Indonesia, Ahmad Wahib. Anak muda yang tidak diketahui dimana belajar agama ini berkata: โAku bukan nasionalis, bukan Katolik, bukan sosialis. Aku bukan Budha, bukan Protestan, bukan westernis. Aku bukan komunis. Aku bukan humanis. Aku adalah semuanya. Mudah-mudahan inilah yang disebut muslim. Aku ingin orang memandang dan menilaiku sebagai suatu kemutlakan (absolute entity) tanpa menghubung-hubungkan dari kelompok mana aku termasuk serta dari aliran mana saya berangkat.โ (Pergolakan Pemikiran Islam: Catatan Harian Ahmad Wahib)
Ahmad Wahib yang kesehariannya sering bergaul dengan para romo Katolik dan mendapat banyak โkebaikanโ dari mereka berkata tentang teman dekatnya itu: โAku tak yakin apakah Tuhan tega memasukkan romoku itu ke neraka.โ (Pergolakan Pemikiran Islam: Catatan Harian Ahmad Wahib)
Dengan berbagai pernyataan yang nyleneh itu, dalam usia yang masih muda Ahmad Wahib telah menjadi โtokohโ nasional kebanggaan salibis. Pujian setinggi langit untuk Ahmad Wahib banyak menghiasai media massa salibis semasa hidupnya (Ahmad Wahid meninggal dalam usia 31 tahun dalam sebuah peristiwa kecelakaan).
Seruan yang sama juga sering dilontarkan Nurcholis Madjid dengan slogan pluralismenya. Intinya sama, yakni menyerukan bahwa semua agama memiliki kebenaran yang sama.
Tokoh lainnya yang cepat โnaik daunโ karena lebih berani (dan lebih lucu) dalam mengeluarkan pernyataan-pernyataannya adalah Ulil Abshar Abdalla (pentolan Jaringan Islam Liberal/JIL). Tentang kebenaran agama selain Islam, Ulil Abshar mengatakan: โSemua agama sama, semuanya menuju jalan kebenaran. Jadi, bukan Islam yang paling benar.โ
Dalam buku Fikih Lintas Agama (FLA) hal. 214 disebutkan: Ayat yang lebih tegas tentang keselamatan agama-agama lain adalah Surat Al-Baqarah ayat 62.
Dalam buku yang sama hal. 20, disebutkan: Kesamaan dan kesatuan semua agama para nabi juga ditegaskan oleh Nabi sambil digambarkan bahwa para nabi itu satu saudara lain ibu, namun agama mereka satu dan sama. Salah satunya adalah hadits Al-Bukhari, Rasulullah Shallallahu โalaihi wa sallam bersabda: โAku lebih berhak atas โIsa putra Maryam di dunia dan di akhirat, para nabi adalah satu ayah dari ibu yang berbeda-beda dan agama mereka adalah satu.โ
Pada hal. 21 disebutkan: โฆpenjelasan tersebut menegaskan prinsip-prinsip hubungan antar agama yang dapat diturunkan dari Al Qurโan yang menegaskan adanya pluralisme agama.
Kutipan-kutipan di atas memuat kesimpulan berikut ini:
- Bukan Islam yang paling benar.
- Agama-agama selain Islam adalah agama yang selamat.
- Pluralisme agama dibenarkan Al Qurโan dan hadits Nabi.
Bantahan:
Mereka berkesimpulan bahwa bukan Islam yang paling benar. Yang lain, apapun agama itu โdemikian yang tampak dari ucapannyaโ juga benar. Bahkan mungkin lebih benar dari Islam. Demikian yang dipahami dari ucapan mereka.
Allah Subhanahu wa Taโala berfirman:
ููุจูุฑูุชู ููููู
ูุฉู ุชูุฎูุฑูุฌู ู
ููู ุฃูููููุงููููู
ู ุฅููู ูููููููููููู ุฅููุง ููุฐูุจูุง
โSungguh besar kalimat yang keluar dari mulut mereka, mereka tidak mengatakan (sesuatu) kecuali dusta.โ (Al-Kahfi: 5)
Sesungguhnya seorang muslim yang masih suci fitrahnya tahu kebatilan ucapan ini. Kalimat ini adalah ucapan kufur dan merupakan perkataan tentang agama Allah tanpa ilmu. Namun jika hati tertutup, siapapun dia tidak akan mengetahui kebatilannya, bahkan lebih parah karena hal itu dianggap sebagai sesuatu yang benar. Alasannya sepele: โSemua agama sama, semuanya menuju jalan kebenaran.โ Dengan mudahnya ia menyimpulkan dengan akalnya. Apakah setiap orang yang menuju kepada kebenaran itu akan sampai? Tentu jawabnya tidak. Ibnu Masโud mengatakan: โBetapa banyak orang yang menginginkan kebaikan tapi tidak mendapatkannya.โ
Ini adalah sesuatu yang sama-sama kita saksikan. Tidak akan memungkirinya kecuali orang yang congkak. Kalau jalan Yahudi, Nashrani, Majusi dan agama lain itu benar, untuk apa Nabi mengajak mereka masuk Islam, dan ketika mereka menolak terjadi permusuhan dan pertumpahan darah? Bagaimana kemudian dianggap agama selain Islam lebih benar?! Faโtabiru ya Ulil Abshar! (maka hendaknya engkau perhatikan wahai orang yang memiliki pandangan).
Kesimpulan kedua, agama lain selain Islam adalah agama yang selamat, artinya tidak dimurkai Allah dan (para penganutnya) tidak diadzab.
Tentu ini bukan ucapan seorang muslim dan tak ada seorang muslim yang hakiki kecuali tahu betapa batil, sesat, dan kufurnya kalimat ini. Sayangnya ia mengelabuhi orang dengan berdalil surat Al-Baqarah ayat 62:
ุฅูููู ุงูููุฐููููู ุขู
ูููููุง ููุงูููุฐููููู ููุงุฏูููุง ููุงููููุตูุงุฑูู ููุงูุตููุงุจูุฆููููู ู
ููู ุขู
ููู ุจูุงูููููู ููุงููููููู
ู ุงููุขุฎูุฑู ููุนูู
ููู ุตูุงููุญูุง ููููููู
ู ุฃูุฌูุฑูููู
ู ุนูููุฏู ุฑูุจููููู
ู ูููุงู ุฎููููู ุนูููููููู
ู ูููุงู ููู
ู ููุญูุฒููููููู
โSesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nashrani dan orang-orang Shabiโin, siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal shalih, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka. Tidak ada kekhawatiran pada mereka dan tidak pula mereka bersedih hati.โ Ia memahami ayat tersebut dengan akal yang sudah terkotori oleh noda pluralisme, sehingga menganggap masing-masing dari Yahudi dan Nashrani benar dan selamat.
Ibarat mereka seperti orang yang membaca ayat yang artinya โCelaka orang yang shalatโฆโ (Al-Maโun: 4) lalu berhenti dan tidak diteruskan. Atau ayat โJangan kalian mendekati shalatโฆโ dan tidak dibaca kelanjutan ayatnya (yang berbunyi) โdalam keadaan kalian mabuk.โ (An-Nisa: 43)
Sungguh ini adalah akhlak Yahudi yang beriman dengan sebagian ayat dan kafir dengan sebagian yang lain.
ุฃูููุชูุคูู
ููููููู ุจูุจูุนูุถู ุงููููุชูุงุจู ููุชูููููุฑููููู ุจูุจูุนูุถู ููู
ูุง ุฌูุฒูุงุกู ู
ููู ููููุนููู ุฐููููู ู
ูููููู
ู ุฅููุงูู ุฎูุฒููู ููู ุงููุญูููุงุฉู ุงูุฏููููููุง ููููููู
ู ุงููููููุงู
ูุฉู ููุฑูุฏูููููู ุฅูููู ุฃูุดูุฏูู ุงููุนูุฐูุงุจู ููู
ูุง ุงูููููู ุจูุบูุงูููู ุนูู
ููุง ุชูุนูู
ููููููู
โApakah kamu beriman kepada sebagian Al Kitab (Taurat) dan ingkar terhadap sebagian yang lain? Tiada balasan bagi orang yang berbuat demikian daripadamu melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia. Dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat.โ (Al-Baqarah: 85)
Bukankah kita dalam memahami ayat Al Qurโan harus merujuk kepada ayat lain yang menjelaskannya, demikian pula merujuk kepada hadits Nabi yang Allah pasrahi untuk menjelaskan Al Qurโan? Dikemanakan firman Allah Subhanahu wa Taโala:
ููููุงููุชู ุงููููููููุฏู ุนูุฒูููุฑู ุงุจููู ุงูููููู ููููุงููุชู ุงููููุตูุงุฑูู ุงููู
ูุณูููุญู ุงุจููู ุงูููููู ุฐููููู ููููููููู
ู ุจูุฃูููููุงููููู
ู ููุถูุงููุฆูููู ูููููู ุงูููุฐููููู ููููุฑูููุง ู
ููู ููุจููู ููุงุชูููููู
ู ุงูููููู ุฃููููู ููุคููููููููู. ุงุชููุฎูุฐูููุง ุฃูุญูุจูุงุฑูููู
ู ููุฑูููุจูุงููููู
ู ุฃูุฑูุจูุงุจูุง ู
ููู ุฏููููู ุงูููููู ููุงููู
ูุณูููุญู ุงุจููู ู
ูุฑูููู
ู ููู
ูุง ุฃูู
ูุฑูููุง ุฅููุงูู ููููุนูุจูุฏูููุง ุฅูููููุง ููุงุญูุฏูุง ูุงู ุฅููููู ุฅููุงูู ูููู ุณูุจูุญูุงูููู ุนูู
ููุง ููุดูุฑููููููู
โOrang-orang Yahudi berkata: โUzair itu putera Allahโ, dan orang Nashrani berkata: โAl Masih itu putera Allahโ. Demikian itulah ucapan mereka dengan mulut mereka, mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Dilaknati Allah-lah mereka; bagaimana mereka sampai berpaling? Mereka menjadikan orang-orang alimnya, dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah, dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam; padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.โ (At-Taubah: 30-31)
ููููุฏู ููููุฑู ุงูููุฐููููู ููุงููููุง ุฅูููู ุงูููููู ูููู ุงููู
ูุณูููุญู ุงุจููู ู
ูุฑูููู
ู ูููู ููู
ููู ููู
ููููู ู
ููู ุงูููููู ุดูููุฆูุง ุฅููู ุฃูุฑูุงุฏู ุฃููู ูููููููู ุงููู
ูุณูููุญู ุงุจููู ู
ูุฑูููู
ู ููุฃูู
ูููู ููู
ููู ููู ุงููุฃูุฑูุถู ุฌูู
ูููุนูุง ููููููููู ู
ููููู ุงูุณููู
ูููุงุชู ููุงููุฃูุฑูุถู ููู
ูุง ุจูููููููู
ูุง ูุฎููููู ู
ูุง ููุดูุงุกู ููุงูููููู ุนูููู ููููู ุดูููุกู ููุฏูููุฑู
โSesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: โSesungguhnya Allah itu ialah Al Masih putera Maryamโ. Katakanlah: โMaka siapakah (gerangan) yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah, jika Dia hendak membinasakan Al Masih putera Maryam itu beserta ibunya dan seluruh orang-orang yang berada di bumi semuanya?โ Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang di antara keduanya; Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.โ (Al-Maidah: 17)
ููููุฏู ููููุฑู ุงูููุฐููููู ููุงูููุง ุฅูููู ุงูููููู ูููู ุงููู
ูุณููุญู ุงุจููู ู
ูุฑูููู
ู ููููุงูู ุงููู
ูุณูููุญู ููุงุจููููู ุฅูุณูุฑูุงุฆููููู ุงุนูุจูุฏูููุง ุงูููููู ุฑูุจููู ููุฑูุจููููู
ู ุฅูููููู ู
ููู ููุดูุฑููู ุจูุงูููููู ููููุฏู ุญูุฑููู
ู ุงูููููู ุนููููููู ุงููุฌููููุฉู ููู
ูุฃูููุงูู ุงููููุงุฑู ููู
ูุง ูููุธููุงููู
ููููู ู
ููู ุฃูููุตูุงุฑู. ููููุฏู ููููุฑู ุงูููุฐููููู ููุงููููุง ุฅูููู ุงูููููู ุซูุงููุซู ุซููุงูุซูุฉู ููู
ูุง ู
ููู ุฅููููู ุฅููุงูู ุฅููููู ููุงุญูุฏู ููุฅููู ููู
ู ููููุชูููููุง ุนูู
ููุง ูููููููููููู ููููู
ูุณููููู ุงูููุฐููููู ููููุฑูููุง ู
ูููููู
ู ุนูุฐูุงุจู ุฃูููููู
ู
โSesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: โSesungguhnya Allah adalah Al Masih putera Maryamโ, padahal Al Masih (sendiri) berkata: โHai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmuโ. Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya al-jannah, dan tempatnya ialah an-naar, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun. Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: โBahwasanya Allah salah satu dari yang tigaโ, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.โ (Al-Maidah: 72-73)
Dan sekian banyak ayat dan hadits lain yang dengan sangat tegas mengkafirkan mereka (Yahudi dan Nashrani). Bagaimana mereka dikatakan selamat, padahal Allah Subhanahu wa Taโala mengubah mereka menjadi babi dan kera:
ูููู ูููู ุฃูููุจููุฆูููู
ู ุจูุดูุฑูู ู
ููู ุฐููููู ู
ูุซูููุจูุฉู ุนูููุฏู ุงูููููู ู
ููู ููุนููููู ุงูููููู ููุบูุถูุจู ุนููููููู ููุฌูุนููู ู
ูููููู
ู ุงููููุฑูุฏูุฉู ููุงููุฎูููุงุฒูููุฑู ููุนูุจูุฏู ุงูุทููุงุบูููุชู ุฃููููุฆููู ุดูุฑูู ู
ูููุงููุง ููุฃูุถูููู ุนููู ุณูููุงุกู ุงูุณููุจููููู
โKatakanlah: โApakah akan aku beritakan kepadamu tentang orang-orang yang lebih buruk pembalasannya dari (orang-orang fasiq) itu di sisi Allah, yaitu orang-orang yang dikutuki dan dimurkai Allah, di antara mereka (ada) yang dijadikan kera dan babi dan (orang yang) menyembah thaghut?โ Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus.โ (Al-Maidah: 60)
Allah Subhanahu wa Taโala melaknati mereka dengan lisan Dawud dan โIsa:
ููุนููู ุงูููุฐููููู ููููุฑูููุง ู
ููู ุจููููู ุฅูุณูุฑูุงุฆููููู ุนูููู ููุณูุงูู ุฏูุงููุฏู ููุนูููุณูู ุงุจููู ู
ูุฑูููู
ู ุฐููููู ุจูู
ูุง ุนูุตูููุง ููููุงููููุง ููุนูุชูุฏููููู
โTelah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan โIsa putera Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas.โ (Al-Maidah: 78)
Allah Taโala mengatakan:
ูููู ููููู
ู ููุนูุฐููุจูููู
ู ุจูุฐูููููุจูููู
ู
โKatakanlah, mengapa Allah mengadzab kalian dengan dosa-dosa kalian?โ (Al-Maidah: 18)
Nabi Shallallahu โalaihi wa sallam bersabda (yang artinya):
โTidaklah mendengar (seruan) aku seorang Yahudi atau Nashrani lalu tidak beriman dengan apa yang aku diutus dengannya kecuali ia termasuk ahli neraka.โ (Shahih, HR. Muslim)
Kalau kita perhatikan baik-baik ayat yang dipakai sebagai dalil oleh mereka (QS. Al-Baqarah: 62), akan nampak bahwa ayat tersebut sama sekali tidak mendukung paham pluralisme dan maha suci Kalamullah untuk dikatakan mendukung pluralisme.
Bukankah ayat tersebut memberikan syarat, yaitu beriman kepada Allah? Apakah Yahudi dan Nashrani atau Majusi beriman kepada Allah? Jawabnya, tidak! Karena beriman kepada Allah bukan hanya beriman dengan adanya Allah. Bila hanya percaya dengan keberadaan Allah maka Iblispun beriman, orang munafiq pun beriman, dan Firโaun pun beriman.
Tidak ada yang mengatakan demikian kecuali orang yang sejenis mereka. Iman kepada Allah mencakup keimanan tentang adanya Allah dan keesaannya yang tiada sekutu baginya. Sedangkan Yahudi menyekutukan Allah dengan โUzair, dan Nashrani menyekutukan Allah dengan Nabi โIsa โalaihissalam.
Diantara keimanan kepada Allah adalah meyakini uluhiyyah Allah yakni memberikan ibadah hanya kepada Allah dan meyakini hal itu. Sedangkan Yahudi dan Nashrani mereka beribadah kepada selain Allah bahkan kepada pendeta-pendeta.
Ayat itu juga memberikan syarat dalam beramal shalih. Yahudi dan Nashrani tidak melakukan amal shalih karena syarat amal shalih tidak mereka penuhi. Di antaranya yang merupakan syarat dasar yaitu iman, tidak mereka penuhi. Kemudian ikhlas, mereka juga tidak penuhi karena mereka beramal untuk selain Allah.
Bagaimana mungkin mereka dikatakan selamat sementara tidak memenuhi syarat-syarat sebagai orang yang beriman.
Pahamilah wahai yang berakal sehat. Jadi ayat ini berlaku bagi mereka yang memenuhi syarat-syarat tersebut. Dan ini berlaku sebelum datangnya Islam. Oleh karenanya Ibnu โAbbas radhiallahu โanhuma mengatakan bahwa setelah itu turunlah ayat 85 Surat Ali Imran:
ููู
ููู ููุจูุชูุบู ุบูููุฑู ุงููุฅูุณููุงูู
ู ุฏูููููุง ูููููู ููููุจููู ู
ููููู ูููููู ููู ุงููุขุฎูุฑูุฉู ู
ููู ุงููุฎูุงุณูุฑููููู
โBarangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) darinya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.โ (Zubdatuttafsir)
Di ayat lain, Allah menganggap mereka bukan orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir sebagaimana dalam ayat 29 Surat At-Taubah:
ููุงุชูููููุง ุงูููุฐููููู ูุงู ููุคูู
ููููููู ุจูุงูููููู ูููุงู ุจูุงููููููู
ู ุงููุขุฎูุฑู ูููุงู ููุญูุฑููู
ููููู ู
ูุง ุญูุฑููู
ู ุงูููููู ููุฑูุณููููููู ูููุงู ููุฏููููููููู ุฏููููู ุงููุญูููู ู
ููู ุงูููุฐููููู ุฃูููุชููุง ุงููููุชูุงุจู ุญูุชููู ููุนูุทููุง ุงููุฌูุฒูููุฉู ุนููู ููุฏู ููููู
ู ุตูุงุบูุฑููููู
โPerangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian dan mereka tidak mengharamkan apa yang telah diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk.โ
Adapun hadits yang mereka pakai juga tidak mendukung pluralisme sama sekali. Sebab kesamaan agama para rasul itu adalah pada intinya yaitu agama tauhid dan beribadah hanya kepada Allah. Ternyata hal ini pun dilanggar oleh para pengikut rasul, terutama setelah datangnya Nabi Muhammad Shallallahu โalaihi wa sallam. Lantas bagaimana mereka bisa dianggap sama dengan ajaran Nabi Muhammad Shallallahu โalaihi wa sallam?
Hadits itu juga menunjukan bahwa syariat para rasul berbeda-beda. Itu yang dimaksud โwallahu aโlamโ dengan saudara sebapak lain ibu? (Lihat Syarah Shahih Muslim hadits no. 6085, Kitab Al-Fadhail)
Tapi pada prakteknya justru JIL ingin menyamakan syariat mereka semua sehingga membolehkan kawin dan waris beda agama. Tidak mungkin Nabi Shallallahu โalaihi wa sallam yang berperang melawan Yahudi demi agama lalu menyabdakan sebuah hadits yang mendukung pluralisme agama.
Membolehkan perkawinan antar agama secara mutlak
Islam membolehkan seorang muslim menikahi wanita ahlul kitab Yahudi atau Nashrani:
ููุงููู
ูุญูุตูููุงุชู ู
ููู ุงููู
ูุคูู
ูููุงุชู ููุงููู
ูุญูุตูููุงุชู ู
ููู ุงูููุฐููููู ุฃูููุชููุง ุงููููุชูุงุจู ู
ููู ููุจูููููู
ู ุฅูุฐูุง ุขุชูููุชูู
ูููููููู ุฃูุฌูููุฑูููููู ู
ูุญูุตููููููู ุบูููุฑู ู
ูุณูุงููุญููููู ูููุงู ู
ูุชููุฎูุฐููู ุฃูุฎูุฏูุงูู
โ(Dan dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar mas kawin mereka dengan maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak (pula) menjadikannya gundik-gundik.โ (Al-Maidah: 5)
Tapi tentu dengan syarat-syarat tertentu, diantaranya yaitu pihak laki-laki benar-benar melakukannya untuk menjaga dari maksiat zina dan sejenisnya serta benar-benar menjauhi zina, kemudian pihak wanitanya juga demikian yaitu wanita yang menjaga diri dari perbuatan keji. Semua itu karena hikmah dan tujuan yang luhur dan itu sekilas tampak dari syarat-syarat tersebut. Untuk menjelaskan secara luas tempat ini tidaklah cukup, namun tentu kita yakin bahwa semua syariat Allah pasti demi hikmah yang tinggi yang Ia kehendaki.
Dengan hikmah-Nya pula, Allah mengharamkan sebaliknya yakni seorang wanita muslimah dinikahi orang kafir siapapun dia. Tapi kelompok JIL menganggap semuanya boleh dan hal itu diatasnamakan Islam. Ulil mengatakan: โJadi, soal pernikahan laki-laki non muslim dengan wanita muslim merupakan wilayah ijtihadi dan terkait dengan konteks tertentu, diantaranya konteks dakwah Islam pada saat itu, yang mana jumlah umat Islam tidak sebesar saat ini, sehingga pernikahan antar agama merupakan sesuatu yang terlarang.โ (Fikih Lintas Agama hal. 164)
Kesimpulan ucapannya adalah:
1. Larangan dalam menikah beda agama ini tidak jelas.
2. Larangan saat itu hanya bersifat sosial kontekstual yang dapat berubah dan bukan merupakan alasan teologi.
3. Ini dianggapnya sebagai sebuah kemajuan.
4. Boleh menikah beda agama apapun alirannya
Bantahan:
Bagaimana dia bisa mengatakan larangan itu tidak jelas? Barangkali ia tidak pernah baca Al Qurโan sampai khatam atau membaca tapi tidak tahu maknanya. Bukankah Allah Subhanahu wa Taโala berfirman dalam Surat Al-Baqarah ayat 221:
ูููุงู ุชูููููุญูููุง ุงููู
ูุดูุฑูููุงุชู ุญูุชููู ููุคูู
ูููู ูููุฃูู
ูุฉู ู
ูุคูู
ูููุฉู ุฎูููุฑู ู
ููู ู
ูุดูุฑูููุฉู ูููููู ุฃูุนูุฌูุจูุชูููู
ู ูููุงู ุชูููููุญููุง ุงููู
ูุดูุฑููููููู ุญูุชููู ููุคูู
ูููููุง ููููุนูุจูุฏู ู
ูุคูู
ููู ุฎูููุฑู ู
ููู ู
ูุดูุฑููู ูููููู ุฃูุนูุฌูุจูููู
ู ุฃููููุฆููู ููุฏูุนููููู ุฅูููู ุงููููุงุฑู ููุงูููููู ููุฏูุนูู ุฅูููู ุงููุฌููููุฉู ููุงููู
ูุบูููุฑูุฉู ุจูุฅูุฐููููู ููููุจูููููู ุขููุงุชููู ููููููุงุณู ููุนููููููู
ู ููุชูุฐููููุฑููููู
โDan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke an-naar, sedang Allah mengajak ke al-jannah dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.โ
Dalam ayat itu terdapat dua larangan:
1. Menikahi wanita musyrik.
2. Menikahkan wanita muslimah kepada laki-laki musyrik.
Dan ahlul kitab itu termasuk musyrik berdasarkan firman Allah dalam At-Taubah ayat 31:
ุงุชููุฎูุฐูููุง ุฃูุญูุจูุงุฑูููู
ู ููุฑูููุจูุงููููู
ู ุฃูุฑูุจูุงุจูุง ู
ููู ุฏููููู ุงูููููู ููุงููู
ูุณูููุญู ุงุจููู ู
ูุฑูููู
ู ููู
ูุง ุฃูู
ูุฑูููุง ุฅููุงูู ููููุนูุจูุฏูููุง ุฅูููููุง ููุงุญูุฏูุง ูุงู ุฅููููู ุฅููุงูู ูููู ุณูุจูุญูุงูููู ุนูู
ููุง ููุดูุฑููููููู
โMereka menjadikan orang-orang alimnya, dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah, dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam; padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.โ (Lihat Tafsir Adhwa-ul Bayan, 1/143)
Diriwayatkan bahwa Ibnu โUmar radhiallahu โanhuma mengatakan: โSaya tidak tahu ada syirik yang lebih besar daripada seseorang yang mengatakan bahwa Tuhannya adalah โIsa.โ
Namun keumuman larangan yang pertama yakni menikahi wanita musyrik, telah diberi kekhususan yaitu bahwa wanita musyrik dari kalangan ahlul kitab dengan syarat-syaratnya boleh dinikahi lelaki muslim sebagaimana terdapat dalam Surat Al-Maidah ayat 5. Adapun larangan yang kedua maka itu tetap pada keumumannya. Sehingga lelaki siapapun baik dari Yahudi, Majusi, Nashrani dan yang lain maka haram menikahi seorang wanita muslimah. Ayat itu jelas dan itu merupakan ijmaโ (kesepakatan) umat seperti kata Ibnu Katsir dalam tafsir ayat ini dan Al-Imam Asy-Syaukani.Bagaimana kemudian Ulil mengatakan tidak jelas dalil yang melarangnya?
Lebih jelas lagi Allah Subhanahu wa Taโala berfirman:
ูุงู ููููู ุญูููู ููููู
ู ูููุงู ููู
ู ููุญูููููููู ููููููู
โMereka tiada halal bagi orang-orang kafir itu dan orang-orang kafir itu tiada halal pula bagi mereka.โ (Al-Mumtahanah: 10)
Adapun alasan bahwa larangan itu bersifat kontekstual, inilah yang kami maksud memahami ayat atau hadits yakni agama ini dengan akal yang mengakibatkan pemahaman itu berbalik yakni menolak hukum ayat tersebut.
Yang demikian pasti terjatuh dalam kesesatan. Buktinya, sekilas kita melihat di awal dia katakan bahwa dalil yang melarang tidak jelas. Artinya, secara halus ia mengingkari adanya larangan. Lalu di saat lain ia katakan larangan itu bersifat kontekstual, artinya ia akui adanya larangan. Bukankah ini tanaqudh (terjadi kontradiksi) antar ucapannya sendiri?!
Cukup pembaca yang budiman mengetahui batilnya pendapat itu, dengan melihat hasil akhirnya adalah mengingkari ayat dan hadits yang melarangnya.
Kemudian sesungguhnya larangan itu sebabnya tidak seperti yang dia ungkapkan. Sebab kalau kita perhatikan ayat tersebut, Allah telah menyebutkan hikmah syariat itu di akhir ayat: ุฃููููุฆููู ููุฏูุนูููู ุฅูููู ุงููููุงุฑู โโฆmereka mengajak ke an-naarโฆโ
Asy-Syaukani mengatakan: โDengan mushaharah (pernikahan), berkeluarga serta hidup bersama dengan mereka terdapat bahaya besar terhadap wanita yang menikah dengan mereka dan terhadap anaknya. Maka tidak boleh bagi kaum mukminin untuk mencampakkan diri dalam (fitnah) ini dan masuk padanya.โ Kata beliau juga sebelumnya: โHal itu karena ada penghinaan terhadap Islam.โ (Lihat Zubdatuttafsir hal. 44). Dan hikmah seperti ini terus berlaku tidak hanya di zaman Nabi.
Hikmah ini tentu berbeda ketika pihak laki-laki adalah seorang muslim dan wanitanya ahlul kitab. Tidak seorangpun memungkiri kecuali orang yang tidak bisa diajak berfikir, apalagi memahami dalil. Dan tentu di sana terdapat lebih banyak lagi hikmah lain yang tidak cukup untuk diuraikan di sini atau belum kita ketahui. Yang jelas Allah Maha Hakim.
Dengan gugurnya dua alasan orang-orang JIL ini, maka gugurlah secara otomatis hukum yang mereka tentukan. Dan tetap tegarlah hukum Allah sepanjang zaman.
Ini hanya contoh dari pendapat-pendapat mereka yang nyleneh dari sekian banyak pendapat. Namun semua pendapat mereka itu kebatilannya tidak jauh dari apa yang dicontohkan, bahkan mungkin lebih batil, lebih berbahaya dan juga lebih lemah dari sarang laba-laba.
Mereka mesti bertaubat kepada Allah dan mesti tahu bahwa mereka amat sangat lemah untuk bicara dalam agama. Ini kalau mereka tidak punya niat jelek dan jahat terhadap Islam dan muslimin. Sungguh Allah Subhanahu wa Taโala berfirman:
ุฅููููู
ูุง ููุฃูู
ูุฑูููู
ู ุจูุงูุณููููุกู ููุงููููุญูุดูุงุกู ููุฃููู ุชูููููููููุง ุนูููู ุงูููููู ู
ูุง ูุงู ุชูุนูููู
ููููู
โSesungguhnya setan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.โ (Al-Baqarah: 169)
Bagi kaum muslimin hendaknya menjauhi mereka sejauh-jauhnya, juga buku dan siaran serta uraian mereka demi keselamatan agama.
Ingatlah sabda Nabi yang artinya: โAkan datang tahun-tahun yang menipu, yang dusta dianggap jujur, yang jujur dianggap dusta, yang khianat dianggap amanah dan yang amanah dianggap khianat dan pada tahun-tahun itu Ruwaibidhah pun berbicara.โ Beliau ditanya: โApa Ruwaibidhah itu wahai Rasulullah?โ Beliau menjawab: โOrang yang hina (yakni dangkal ilmunya) bicara dalam urusan yang besar.โ (HR. Ibnu Majah dan yang lain, dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jamiโ, no. 3650, lihat pula Ash-Shahihah no. 1887)
Hadits tentang akal
ุงููุฏูููููู ูููู ุงููุนููููู ููู
ููู ูุงู ุฏููููู ูููู ูุงู ุนููููู ูููู
โAgama adalah akal dan barangsiapa yang tidak punya agama, maka ia tidak punya akal.โ
Hadits ini atau yang semakna dengannya begitu masyhur. Tak jarang kita mendengarnya dari para khatib dan muballigh, bahkan menjadi salah satu landasan mereka yang mengkultuskan akal. Untuk mengetahui bagaimana sesungguhnya kedudukannya dalam timbangan kritik hadits, mari kita melihat penjelasan Asy-Syaikh Al-Albani, seorang ulama ahli hadits abad ini.
Beliau mengatakan: Hadits ini batil. Diriwayatkan oleh An-Nasai dalam kitabnya Al-Kuna dan Ad- Dulabi meriwayatkan darinya dalam kitabnya Al-Kuna wal Asma (2/104) melalui seorang rawi bernama Bisyr bin Ghalib bin Bisyr bin Ghalib dari Az-Zuhri dari Mujammiโ bin Jariyah dari pamannya sampai kepada Nabi Shallallahu โalaihi wa sallam tanpa kalimat โAgama adalah akal.โ An-Nasai mengatakan: โHadits ini batil, mungkar.โ
Saya katakan: โSebabnya adalah karena Bisyr ini majhul (tidak dikenal) sebagaimana dikatakan oleh Al-Azdi dan disetujui oleh Adz-Dzahabi dalam kitabnya Mizanul Iโtidal fi Naqdirrijal dan oleh Ibnu Hajar Al-โAsqalani dalam kitabnya Lisanul Mizan.
Al-Harits bin Abu Usamah meriwayatkan dalam Musnad-nya dari seorang rawi bernama Dawud bin Al-Muhabbir sebanyak tigapuluh sekian hadits yang menerangkan tentang keutamaan akal. Ibnu Hajar mengomentarinya: โSemuanya palsu (maudhuโ).โ
Diantaranya adalah hadits yang kita bahas ini, sebagaimana disebutkan oleh Al-Imam As-Suyuthi dalam kitabnya Dzailul Laโali Al-Mashnuโah fil Ahadits Al-Maudhuโah (hal. 4-10) dan dinukil pula dari beliau oleh Al-โAllamah Muhammad bin Thahir Al-Hindi dalam kitabnya Tadzkiratul Maudhuโat (hal. 29-30).
Sedangkan Dawud bin Al-Muhabbir (tersebut di atas) dikatakan oleh Adz-Dzahabi:
โDia adalah penulis buku Al-โAql (akal). Duhai seandainya ia tidak menulisnya.โ Al-Imam Ahmad mengatakan: โDia sesungguhnya tidak tahu tentang hadits.โ
Abu Hatim mengatakan: โHaditsnya lenyap, tidak bisa dipercaya.โ
Ad-Daruquthni mengatakan: โ(Haditsnya) ditinggalkan.โ
Abdul Ghani meriwayatkan dari Ad-Daruquthni bahwa ia mangatakan: โBuku Al-โAql (hadits-haditsnya) dipalsu oleh Maisarah bin Abdi Rabbih. Buku itu dicuri oleh Dawud bin Al-Muhabbir lalu dirangkai sendiri sanadnya, tidak seperti sanad Maisarah, lalu dicuri oleh Abdul โAziz bin Abi Rajaโ kemudian dicuri oleh Sulaiman bin โIsa As-Sijzi.โ
Asy-Syaikh Al-Albani berkata: โDi antara yang perlu diingatkan bahwa seluruh hadits yang menerangkan keutamaan akal adalah hadits-hadits yang sama sekali tidak shahih, berkisar antara lemah dan palsu. Dan aku telah meneliti hadits-hadits yang disebut oleh Abu Bakr bin Abid Dunya dalam kitabnya yang berjudul Al-โAql wa Fadhluhu (akal dan keutamaanya), maka saya dapati seperti yang tadi saya katakan, tidak sedikitpun yang shahih.โ
Ibnul Qayyim mengatakan dalam bukunya Al-Manar (hal. 25): โHadits-hadits tentang akal semuanya dusta.โ (diterjemahkan dari Silsilah Al-Ahadits Adh-Dhaโifah, no. 1)
Hadits lain yang semakna:
ููููุงู
ู ุงููู
ูุฑูุกู ุนููููููู ูููุงู ุฏููููู ููู
ููู ูุงู ุนููููู ูููู
โPenegak seseorang adalah akalnya dan tiada agama bagi yang tidak memiliki akal.โ
Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah mengatakan: โHadits ini maudhuโ (palsu).โ Sebabnya, hadits ini diriwayatkan melalui seorang rawi bernama Dawud bin Al-Muhabbir yang telah dijelaskan di atas. (Lihat Silsilah Al-Ahadits Adh-Dhaโifah, no. 370).
Wallahu aโlam.
(Dikutip dari tulisan Al-Ustadz Qomar Suaidi Lc., judul asli Penundukan Ajaran Agama di bawah Kendali Akal, majalah Asy Syariah Edisi Vol. II/No. 10/1426 H/2005 url sumber http://www.asysyariah.com/print.php?id_online=186)
Diambil dari: http://www.salafy.or.id/salafy.php?menu=detil&id_artikel=992
Artikel Terkait:
- Menjebak dan Memerangkap Umat Islam
- Ketika Kecantikan dan Harta Menjadi Tujuan Utama
- Buta Islam, Bagaimana Mengobatinya?
- Karena Niat Begitu Berarti โฆ
- Allah Maha Kuasa untuk Mengadzab
- Saya orang indonesia atau orang Islam?
- Berdialog Dengan Teroris (Belajar Dari Pengalaman Arab Saudi Dalam Menumpas Terorisme)
- Kenapa Film yang Dianggap Islami Tidak Mengarah ke Islam?
- Pengertian Dosa Besar
- Tabot, Tabuik dan Nikah Mutโah
0 komentar:
Posting Komentar