..::::::..

Doa Adalah Ibadah

إِنَّ الْحَمْدَ لله نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيْئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
يَآ أَيُّهَا الَّذِيْنَ آَمَنُو اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَا تِهِ وَلاَ تَمُو تُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.
يَآ أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُواْ رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مَنْ نَفْسِ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالً كَثِيْرًا وَنِسَاءَ، وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِي تَسَاءَ لُونَ بِهِ وَالأرْحَامِ, إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا. يَآ أَيُّهَا الَّذِيْنَ آَمَنُوا اتَّقُواْ اللهَ وَقُولُواْ قَوْلاً سَدِيْدَا, يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُو بَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمَا.

أَمَّابَعْدُ: فَإِنْ أَصْدَقَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهَ, وَخَيْرَ الهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَّرَ الأُمُورِ مُخَدَثَا تُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِى النَّارِ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحِسَانِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.
Saudara-saudara seiman rahimakumullah.
Marilah kita selalu mengulangi ucapan rasa syukur kepada Allah karena nikmat-nikmat-Nya yang telah tercurahkan kepada kita semua sehingga kesehatan jasmani dan rohani masih menghiasi kita. Semoga rasa syukur yang kita panjatkan ini, menjadi kunci lebih terbukanya pintu-pintu karunia-Nya. Allah Subhannahu wa Ta'ala berfirman:
“Jika kalian bersyukur, maka akan Kami tambahkan bagimu dan jika kamu mengingkarinya, sesungguhnya siksaanKu itu sangat pedih”. (Ibrahim: 7)
Kami peringatkan juga para jamaah dan diri ini agar senantiasa menjaga ketaqwaan, agar mengakar kuat dan kokoh di lubuk hati yang paling dalam. Sebab itulah modal yang hakiki untuk menyongsong kehidupan abadi, agar hari-hari kita nanti bahagia.
Ikhwani fiddin rahimakumullah.
Doa adalah ibadah. Demi kianlah Rasulullah`menjelaskan tentang keutamaan dan pentingnya doa. Doa merupakan ungkapan perasaan dan permohonan seorang hamba kepada Allah l, Pemilik, Pemelihara dan Penguasa alam semesta. Doa juga merupakan wujud ketundukan, kecintaan kepada Allah serta kesadaran seorang hamba akan kelemahan dirinya dan kebesaran serta keagungan Penciptanya. Sesungguhnya dalam doa ada kekuatan, keyakinan dan optimisme dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupan. Besarnya keutamaan serta pentingnya do'a diperkuat dengan adanya perintah Allahlkepada hamba-hamba-Nya untuk meminta dan berdoa kepada-Nya. "Dan Tuhanmu berfirman: "Berdo'alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina-dina". (QS. 40:60)
Diriwayatkan oleh Nu'man bin Basyir a bahwa Rasulullah ` membaca ayat di atas setelah bersada "Doa itu adalah Ibadah". Hal ini menunjukkan bahwa yang dimaksud dengan menyombongkan diri dari menyembah-Nya dalam ayat tersebut adalah menyombongkan diri dari berdo'a kepada-Nya. Maka amatlah buruk kesombongan tersebut, bagaimana mungkin seorang hamba menyombongkan diri dari berdoa kepada Allah l yang telah menciptakannya, memberinya kehidupan, rizki serta banyak kenikmatan.
Dalam ayat lain Allah l berfirman: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang mendoa apabila ia berdoa kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran". (QS. 2:186)
Seorang hamba yang bersimpuh di hadapan Allah, menundukkan hatinya, lalu memohon dengan penuh kekhusuan dan keterpautan hati yang dalam dengan Allah l, sesungguhnya ia sedang berjalan dan melangkah untuk mendapatkan kecintaan dan kedekatan dari-Nya. Ketika ia mengangkat tangannya lalu berkata: "Ya Allah, ya Rabb", maka pada saat itu terjadilah hubungan langsung antara dirinya dengan Allah l. Di saat-saat seperti itu, Allah l akan membuka pintu-pintu keutamaan dan kebaikan baginya, mendengarkan dan menyertainya dalam do'a-do'a yang dilantunkannya.
Di dalam sebuah hadits qudsy dijelaskan bahwa Allah l sangat menyukai dan mencintai hamba-hamba-Nya, yang banyak mengingat-Nya dan datang kepada-Nya dengan ibadah, membawa kebaikan dan amal-amal saleh serta memohon ampun dan bertobat atas dosa dan kesalahan yang dilakukannya.
Dari Abu Hurairah ia berkata, bahwa Rasulullah `, bersabda: "Berfirman Allahk:"Aku berdasarkan prasangka hamba-Ku terhadap-Ku. Dan Aku akan bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku di dalam dirinya, maka Aku kan mengingatnya di dalam diri-Ku. Jika ia menyebut-Ku di di tengah-tengah orang banyak, maka aku akan menyebutnya di tengah-tengah orang-orang yang lebih baik dari itu. Jika ia mendekat kepada-Ku sejengkal, maka Aku akan mendekat kepadanya sehasta. Jika ia mendekat kepada-Ku sehasta, maka Aku akan mendekat kepadanya sedepa. Jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku kan datang kepadnya dengan berlari." (HR. Muslim)
Firman Allah l dalam hadis di atas: "Aku berdasarkan prasangka hamba-Ku terhadapku", menjadi petunjuk bahwa harapan dikabulkannya do'a haruslah disertai dengan baiknya prasangka terhadap Allah l dan keyakinan bahwa apa yang dikehendaki Allahlpasti terjadi dan apa-apa yang tidak dikehendaki-Nya tidak akan terjadi.
Sejarah telah mencatat, betapa doa telah menjadi senjata yang ampuh untuk mendapatkan kemenangan dan pertolongan dari Allah l. Perang Badar, salah satu perang besar dalam sejarah perjuangan Islam menjadi bukti nyata betapa doa adalah bagian terpenting yang harus selalu ada mengiringi setiap langkah dan perjuangan kaum muslimin. Doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah` bersama para sahabatnya Diijabah oleh Allahl dengan diturunkannya beribu-ribu malaikat yang turut berjuang bersama kaum muslimin sebagamana diterangkan di dalam Al-Qur'an Al-Karim: "(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: "Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut".(QS. Al-Anfal:9)
Doa juga menggabarkan kekuatan I'timad (ketergantungan serta penyandaran) diri antara seorang hamba dengan Allahl. Seorang yang melazimkan do'a memiliki keyakinan yang kuat bahwa ada sumber kekuatan, sumber kebaikan dan sumber segala kehidupan yang Maha Pemurah dan Penyayang serta Maha mendengar permintaan hamba-hamba-Nya. Bahkan, sekalipun seseorang tidak beriman kepada Allah l, namun ketika berada dalam kesusahan ia akan memohon dan berharap kepada Dzat Yang diyakini memiliki kekuatan dan kemampuan untuk menolongnya, yang sesungguhnya Ia adalah Allahl. Hal tersebut terjadi karena setiap orang bila menghadapi kesulitan dan kesusahan ia selalu jujur terhadap dirinya. Juga dengan fitrah keimanannya setiap orang mengetahui bahwa hanya Allah lsajalah yang Maha kuasa dan berkuasa atas segala sesuatu. Firman Allah l: "Apabila manusia ditimpa bahaya, maka dia berdo'a kepada kami dalam keadaan berbaring, duduk, atau berdiri. Tetapi setelah kami hilangkan bahaya itu dari padanya, dia (kembali) melalui (jalannya yang sesat), seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk (menghilangkan) bahaya yang telah menimpanya." (QS. Yunus:12)
Melazimkan do'a, memohon dan bermunajat kepada Allah disertai permohonan ampun atas dosa dan kesalahan serta mengharap kebaikan-kebaikan dari-Nya adalah diantara sifat-sifat yang menjadi ciri orang-orang yang beriman. Keimanan yang dimiliki seseorang mendorong dirinya untuk selalu merasa dekat dan mengharap kesertaan Allahl dalam setiap amal dan langkahnya. Kesertaan tersebut akan melahirkan ketentraman dan kedamain dalam hati seta melahirkan kekuatan dan keteguhan dalam jiwa. Allahltelah menyifati orang-orang mukmin dengan firmannya: "Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, memuji (Allah), yang melawat, yang ruku', yang sujud, yang menyuruh berbuat ma'ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mu'min itu." (QS. 9:112)
Disebutnya doa sebagai otaknya ibadah oleh Rasulullah`, mengingatkan kita bahwa ketika berdoa kepada Allahl hendaknya tidak sekedar mengharap adanya penerimaan dan pengabulan dari doa tersebut. Namun hal yang terpenting dan utama adalah dengan berdoa berarti kita merendahkan diri, merasa kecil, tunduk, dekat dan mengharap di hadapan-Nya. Inilah inti dari peribadatan yang kita lakukan, termasuk ketika kita memanjatkan do'a kepada Allahl.
Saat ini kaum muslimin di berbagai belahan dunia tengah menghadapi berbagai cobaan dan ujian serta berbagai makar yang dilakukan oleh-oleh musuh-musuh Allahl.Pada saat yang sama kita dihadapkan pula dengan berbagai persoalan internal umat di berbagai bidang kehidupan yang harus dipecahkan dan diselesaikan oleh umat Islam sendiri. Dalam kondisi seperti ini hendaknya kita tidak meninggalkan dan melupakan doa-doa kita untuk menyertai dan menguatkan seluruh usaha dan perjuangan di dalam mengembalikan kejayaan Islam dan kaum muslimin.
"Ya Allah, anugerahkanlah kepada kami dari ketakutan (kami) kepada-Mu, untuk membatasi antara kami dan perbua tan maksiat kami terhadap-Mu, dan dari ketaatan (kami) kepada-Mu, apa-apa yang dapat mengantarkan kami kepada surga-Mu, serta dari keyakinan (kami), apa-apa yang meringankan bagi kami musibah-musibah di dunia ini. Jadikanlah pendengaran kami, penglihatan kami dan kekuatan kami senantiasa bermanfaat selama hidup kami, dan jadikanlah dia warisan dari kami (untuk anak cucu kami). Jadikanlah balasan kami atas orang yang menganiaya kami, tolonglah kami terhadap orang yang memusuhi kami pada agama kami, jangan Engkau jadikan musibah bagi kami dalam agama kami, janganlah Engkau jadikan dunia ini menjadi kecenderungan kami yang paling besar dan jangan jadikan ilmu pengetahuan kami hanya sekedar dunia, dan jangan Engkau jadikan berkuasa atas kami orang-orang yang tidak memiliki rasa takut kepada-Mu dan belas kasihan kepada kami".
فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا وَاسْتَغْفِرُا اللهَ اِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّخِيْمَ.
Khutbah Kedua
إِنَّ الْحَمْدَ لله نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهَ وَسَلَّمْ تَسْلِمًا. أَمَّا بَعْدُ:
إِنَّ اللهَ وَمَلآَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِي يَآ أَيُّهَا الَّذِيْنَ آَمَنُواْ صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمَا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِدٌ مَجِيْدٌ.
رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُونَا بِالإِيْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلاًّ لِلَّذِيْنَ ءَامَنُوْا رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفُ رَّحِيْمٌ، رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ، رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَاْرحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانَا صِغَارًا. رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.





Artikel Terkait:

0 komentar:

Flash

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP