..::::::..

Puasa 'asyuro, antara sunnah dan bid'ah

Ust Hartono Ahmad Jaiz

Asyuro’ (‘aasyuuroo’) artinya hari ke sepuluh dari bulan Muharram. (Lisanul Arab, 4 hal 569). Di Hari Asyuro’ itu ada peristiwa bersejarah yang terjadi sebelum datangnya Islam dan ada pula peristiwa setelah wafatnya Nabi saw. Peristiwa sebelum datangnya Islam yaitu diselamatkannya Nabi Musa As bersama kaumnya, Bani Israel, dari kejaran Raja Fir’aun bersama wadyabalanya yang diamblaskan Allah SWT di laut.

Peristiwa di Hari Asyura setelah wafatnya Nabi Muhammad saw adalah syahidnya Husain bin Ali RA, cucu Nabi saw, di Karbala, tahun 61 H, ia berumur 56 tahun. (lihat Syarah Kitab At-Tauhid juz 1, halaman 310).

Dari segi syari’ah, hari Asyuro’ punya nilai sejarah syari’at puasa, yaitu Nabi saw puasa hari Asyuro’ sebelum adanya perintah wajib puasa sebulan tiap Ramadhan. Setelah diwajibkan puasa Ramadhan sejak tahun kedua Hijriyah, umat Islam masih disunnahkan puasa pada hari Asyuro’.

Adanya sejarah peristiwa dan sejarah syari’ah berkenaan Hari Asyuro itu kemudian timbul pula ajaran-ajaran yang landasannya lemah, bahkan ada bid’ah-bid’ah dan penyimpangan yang jauh dari tuntunan Islam. Sehingga perlu diketahui oleh setiap Muslim, mana yang disyari’atkan dan mana yang tidak. Mana yang sunnah dan mana yang bid’ah atau menyimpang dari Islam.

Tulisan singkat ini akan mengemukakan hadits-hadits sunnah puasa di Hari Asyuro, hadits-hadits yang beredar namun sebenarnya lemah (tidak bisa jadi landasan), peristiwa sejarah, dan bid’ah-bid’ah yang beredar seputar Asyuro’.

Disunnahkan berpuasa

Ummat Islam disunnahkan berpuasa pada hari Asyuro’ (hari ke sepuluh bulan Muharram) berdasarkan hadits-hadits di antaranya:


حَدِيثُ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ : قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ الْمَدِينَةَ فَوَجَدَ الْيَهُودَ يَصُومُونَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَسُئِلُوا عَنْ ذَلِكَ فَقَالُوا هَذَا الْيَوْمُ الَّذِي أَظْهَرَ اللَّهُ فِيهِ مُوسَى وَبَنِي إِسْرَائِيلَ عَلَى فِرْعَوْنَ فَنَحْنُ نَصُومُهُ تَعْظِيمًا لَهُ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْنُ أَوْلَى بِمُوسَى مِنْكُمْ فَأَمَرَ بِصَوْمِهِ

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a, ia berkata: Sewaktu Rasulullah s.a.w tiba di Madinah, baginda mendapati orang-orang Yahudi berpuasa pada hari Asyura. Ketika ditanya tentang puasa mereka itu, mereka menjawab: Hari ini adalah hari kemenangan yang telah diberikan oleh Allah kepada Nabi Musa a.s dan kaum Bani Israel dari Firaun. Kami merasa perlu untuk berpuasa pada hari ini sebagai suatu pengagungan kami padaNya. Lalu Rasulullah s.a.w bersabda: Kami lebih berhak daripada kamu dan Nabi Musa dalam hal ini. Kemudian baginda memerintahkan para Sahabat supaya berpuasa pada hari tersebut. (HR Al-Bukhari dan Muslim).
حَدِيثُ أَبِي مُوسَى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : كَانَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ يَوْمًا تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَتَتَّخِذُهُ عِيدًا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صُومُوهُ أَنْتُمْ .

Diriwayatkan dari Abu Musa r.a, ia berkata: Hari Asyura adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan menjadikannya sebagai Hari Raya. Kemudian Rasulullah s.a.w bersabda: Berpuasalah kamu pada hari Asyura tersebut. (HR Al-Bukhari dan Muslim).

حَدِيثُ سَلَمَةَ بْنِ الْأَكْوَعِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : بَعَثَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلًا مِنْ أَسْلَمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَأَمَرَهُ أَنْ يُؤَذِّنَ فِي النَّاسِ مَنْ كَانَ لَمْ يَصُمْ فَلْيَصُمْ وَمَنْ كَانَ أَكَلَ فَلْيُتِمَّ صِيَامَهُ إِلَى اللَّيْلِ .

Diriwayatkan dari Salamah bin al-Akwa' r.a ia berkata: Rasulullah s.a.w pernah mengutus seorang lelaki dari Kaum Aslam pada hari Asyura supaya menyerukan kepada orang banyak tentang barangsiapa yang tidak berpuasa, hendaklah dia berpuasa dan barangsiapa yang telah terlanjur makan, hendaklah dia menyempurnakan hari tersebut dengan berpuasa sehingga menjelang malam (HR Al-Bukhari dan Muslim).

حَدِيثُ الرُّبَيِّعِ بِنْتِ مُعَوِّذِ بْنِ عَفْرَاءَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ : أَرْسَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ غَدَاةَ عَاشُورَاءَ إِلَى قُرَى الْأَنْصَارِ الَّتِي حَوْلَ الْمَدِينَةِ مَنْ كَانَ أَصْبَحَ صَائِمًا فَلْيُتِمَّ صَوْمَهُ وَمَنْ كَانَ أَصْبَحَ مُفْطِرًا فَلْيُتِمَّ بَقِيَّةَ يَوْمِهِ فَكُنَّا بَعْدَ ذَلِكَ نَصُومُهُ وَنُصَوِّمُ صِبْيَانَنَا الصِّغَارَ مِنْهُمْ إِنْ شَاءَ اللَّهُ وَنَذْهَبُ إِلَى الْمَسْجِدِ فَنَجْعَلُ لَهُمُ اللُّعْبَةَ مِنَ الْعِهْنِ فَإِذَا بَكَى أَحَدُهُمْ عَلَى الطَّعَامِ أَعْطَيْنَاهَا إِيَّاهُ عِنْدَ الْإِفْطَارِ

Diriwayatkan dari Ar-Rubaiyyi' binti Muawwiz bin Afra' r.a katanya: Pada hari Asyura, Rasulullah s.a.w telah mengirimkan surat ke perkampungan-perkampungan Ansar di sekitar Madinah yang berbunyi: Barangsiapa yang berpuasa pada pagi ini hendaklah menyempurnakan puasanya dan siapa yang telah berbuka yaitu makan pada pagi ini hendaklah dia juga menyempurnakannya yaitu berpuasa pada sisa harinya. Setelah itu kami pun berpuasa serta menyuruh anak-anak kami yang masih kanak-kanak supaya ikut berpuasa, jika diizinkan Allah. Ketika kami berangkat menuju ke masjid, kami buatkan suatu permainan untuk anak-anak kami yang diperbuat dari bulu biri-biri. Jika ada di antara mereka yang menangis meminta makanan, kami akan berikan mainan tersebut sehingga tiba waktu berbuka ..( HR Al-Bukhari dan Muslim).

حَدِيثُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ : كَانَتْ قُرَيْشٌ تَصُومُ عَاشُورَاءَ فِي الْجَاهِلِيَّةِ وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُهُ فَلَمَّا هَاجَرَ إِلَى الْمَدِينَةِ صَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ فَلَمَّا فُرِضَ شَهْرُ رَمَضَانَ قَالَ مَنْ شَاءَ صَامَهُ وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ

Diriwayatkan daripada Saidatina Aisyah r.a katanya: Kaum Quraisy di zaman jahiliah berpuasa pada hari Asyura dan Rasulullah s.a.w juga berpuasa pada hari itu. Setelah berhijrah ke Madinah, baginda tetap berpuasa dan memerintahkan para Sahabat supaya berpuasa pada hari itu. Setelah difardukan puasa bulan Ramadan, baginda bersabda: Sesiapa yang ingin berpuasa pada hari itu berpuasalah dan sesiapa yang tidak ingin berpuasa, dibolehkan meninggalnya. (HR Al-Bukhari dan Muslim).

حَدِيثُ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا : سُئِلَ ابْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَنْ صِيَامِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ مَا عَلِمْتُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَامَ يَوْمًا يَطْلُبُ فَضْلَهُ عَلَى الْأَيَّامِ إِلَّا هَذَا الْيَوْمَ وَلَا شَهْرًا إِلَّا هَذَا الشَّهْرَ يَعْنِي رَمَضَانَ

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a katanya: Ibnu Abbas r.a pernah ditanya mengenai masalah berpuasa pada hari Asyura. Beliau menjawab: Aku tidak pernah melihat Rasulullah s.a.w berpuasa sehari karena mencari keutamaan/ fadhilah yang tidak ada pada hari-hari lain selain dari hari (Asyura) ini. Aku juga tidak pernah melihat Rasulullah s.a.w berpuasa sebulan penuh kecuali pada bulan ini, yaitu bulan Ramadhan. (HR Al-Bukhari dan Muslim).

1916 و حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحُلْوَانِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي مَرْيَمَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ حَدَّثَنِي إِسْمَعِيلُ بْنُ أُمَيَّةَ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا غَطَفَانَ بْنَ طَرِيفٍ الْمُرِّيَّ يَقُولُ سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ رَضِي اللَّهُ عَنْهُمَا يَقُولُا حِينَ صَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ قَالَ فَلَمْ يَأْتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ حَتَّى تُوُفِّيَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ .(مسلم).

Ketika Rasulullah saw berpuasa pada hari Asyuro dan beliau memerintahkan untuk puasa pada hari itu, mereka (para sahabat) berkata, Wahai Rasulallah, sesungguhnya ia (hari Asyuro) adalah hari yang diagungkan orang-orang Yahudi dan Nasrani. Maka Rasulullah saw menjawab, maka apabila ada tahun depan insya Allah kami berpuasa pada hari kesembilan. Ibnu Abbas berkata, belum sampai tahun depan tiba, Rasulullah saw telah wafat. (HR Muslim).

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِي اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ. (مسلم)

Diriwayatkan dari Abi Qatadah Al-Anshari ra bahwa Rasulullah saw ditanya tentang puasa hari Arafah, maka beliau menjawab, menghapus (dosa-dosa kecil) setahun lalu dan setahun mendatang. Ia (Abu Qatadah) berkata, dan (Nabi saw) ditanya tentang puasa hari Asyuro, maka beliau menjawab: Menghapus (dosa-dosa kecil) setahun yang lalu. (HR Muslim).

Hadits dan kisah yang lemah tentang Asyuro’

Di samping ada hadits-hadits yang shahih mengenai hari Asyuro’ seperti tersebut di atas, di dunia Islam beredar Hadits munkar (sangat lemah):

من وسع على عياله يوم عاشوراء وسع الله عليه سائر سنة

“Siapa yang memberi kelonggaran kepada keluarga-keluarganya pada hari Asyuro’ maka akan dilonggarkan Allah seluruh tahun.”

Hadits tersebut adalah hadits munkar, menurut Daro Quthni. (lihat Abdurrahman bin Ali bin Al-Jauzi, Al-‘ilalul Mutanaahiyyah, juz 2, halaman 522)

Ada pula kisah yang lemah berkaitan dengan Asyuro’, yaitu tentang di mana dikuburnya kepala Husain bin Ali ra yang dibunuh pada hari Asyuro’.

Dalam sejarah Islam tercatat peristiwa Husain bin Ali bin Abi Thalib, cucu Nabi Muhammad saw, dibunuh di Karbala pada hari Asyuro’ tahun 61 H (680M), ia berumur 57 tahun.

Peristiwa Karbala itu (menurut Leksikon Islam susunan Tim Pustaka Azzet Jakarta, 1988) adalah pertempuran antara panglima Bani Umayyah, Ubaidillah bin Ziyad, dan Husain bin Ali bin Abi Thalib beserta para pengikutnya pada 10 Muharram tahun 61H. Ini adalah perkelahian yang tidak seimbang. Husain dan kawan-kawannya hanya berjumlah 80 orang harus berhadapan dengan Ubaidillah dan pasukannya yang jumlahnya puluhan kali lipat. Husain beserta kawan-kawan dan sebagian besar sanak kerabatnya terbunuh.

Kepala Husain dikirim ke Damsyik oleh Ubaidillah sebagai tanda bahwa tugasnya telah dilaksanakan.

Peristiwa ini diperingati tiap tahun oleh kaum Syi’ah di seluruh dunia sampai sekarang sebagai tanda belasungkawa atas kematian Sayidina Husain. (Tim Pustaka Azzet, Leksikon Islam, Jakarta, 1988, I, halaman 304-305).

Menurut Ibnu Taimiyah, riwayat yang dikuatkan oleh ahli ilmu tentang tempat kepala Husain bin Ali Radhiyallahu ‘anhuma adalah yang dituturkan Az-Zubair bin Bakar dalam Kitab Ansabu Quraisy. Az-Zubair bin Bakar adalah termasuk orang yang paling mengerti dan terpercaya dalam perkara ini, ia menuturkan bahwa kepala Husain dibawa ke Madinah dan dikubur di sana. Ini sesuai, karena di sana ada kuburan saudaranya, Hasan, paman ayahnya, Abbas, dan anaknya, Ali dan sebagainya. (Ibnu Taimiyyah, Majmu’ Al-Fatawa, jilid 4, halaman 509)


Bid’ah seputar hari Asyuro’

Syeikh Ibnu Taimiyyah mengemukakan, “Banyak bid’ah dan kedustaan dibuat, seperti yang dibuat oleh kebanyakan orang belakangan pada hari Asyuro’. Suatu kaum menjadikannya hari berkabung bersama (ma’tam, kumpulan orang mengadakan acara berkabung).

Mereka mendemosntrasikan ratapan dan gejolak kesedihan, menyiksa diri, menganiaya binatang-binatang, mencaci orang-orang mati berupa wali-wali Allah (maksudnya mencaci sebagian sahabat Nabi saw, karena orang Syi’ah yang meratapi kematian Husain bin Ali itu sebagian membenci Umar bin Khatthab, Abu Bakar dan sebagainya, pen) dan berdusta atas nama Ahlul Bait dan lain-lain. Itu semua adalah termasuk kemunkaran yang dilarang menurut Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya saw. dan kesepakatan Muslimin.” (Ibnu Taimiyyah, Majmu’ Al-Fatawa, jilid 4, halaman 511).

Ibnu Taimiyyah melanjutkan, “Dan ada kaum yang mutasanninah (menisbatkan dirinya pada sunnah) meriwayatkan dan menerima riwayat hadits-hadits palsu (maudhu’) . Mereka membangun suatu yang dijadikan syi’ar hari ‘Asyuro berlandaskan hadits-hadits palsu itu. Lalu mereka melawan kebatilan dengan kebatilan, dan menolak bid’ah dengan bid’ah lain lagi. Walaupun salah satu dari keduanya (bid’ah itu) lebih besar kerusakannya dan lebih mendukung pada ahli ingkar (ahlul ilhad). Seperti: Hadits panjang yang diriwayatkan di dalamnya ada (ungkapan):

من اغتسل يوم عاشوراء لم يمرض ذلك العام ومن اكتحل يوم عاشوراء لم يرمد ذلك العام وأمثال ذلك من الخضاب يوم عاشوراء والمصافحة فيه ونحو ذلك فان هذا الحديث ونحوه كذب مخلق بإتفاق من يعرف علم الحديث.

“Barangsiapa mandi di hari Asyuro’ maka dia tidak akan sakit pada tahun itu, dan barangsiapa yang bercelak pada hari Asyuro’ maka tidak akan belekan pada tahun itu,” dan semacamnya berupa mewarnai diri dengan pewarna (khidhob) pada hari Asyuro’, bersalam-salaman di hari Asyuro’ dan sebagainya. Hadits ini dan semacamnya adalah dusta yang dibuat-buat, ditinjau dari kesepakatan orang yang mengerti ilmu hadits, walaupun telah dituturkan oleh sebagian ahli hadits dan ia berkata bahwa itu shahih dan isnadnya (pertalian riwayatnya) atas sayarat shahih, maka ini termasuk kesalahan yang tak diragukan lagi padanya, sebagaimana telah dijelaskan di lain tempat. Dan tidak disunnahkan oleh seorang imam muslimin pun tentang mandi pada hari Asyuro’ itu. Dan tidak juga bercelak dan mewarnai diri dengan pewarna pada hari itu, dan hal-hal lain semacamnya. Hal itu tidak disebutkan oleh seorang ulama’ muslimin pun yang jadi panutan.” (Ibnu Taimiyyah, Majmu’ Al-Fatawa, jilid 4, halaman 513).

Demikianlah. Sebenarnya umat Islam disunnahkan berpuasa di hari Asyuro (hari kesepuluh di bulan Muharram). Itulah sunnah dari Nabi Muhammad saw. Lalu ada peristiwa dibunuhnya Husain bin Ali RA, pada hari Asyuro’ tahun 61 H. Maka timbul aneka macam bid’ah seputar hari Asyuro’. Para ulama pun tidak tinggal diam untuk memberantas bid’ah-bid’ah itu. Namun ketika bid’ah-bid’ah itu belum sempat hilang benar, belakangan justru dikembangkan oleh kelompok tertentu secara besar-besaran, dan biasanya disebarkan pula beritanya oleh media massa, baik tarap internasional maupun nasional. Maka umat Islam perlu diberi penerangan agar tidak terseret oleh tipu daya mereka.

Jika ada pertanyaan, langsung kirim aja ke 0411-9303899 (esia) atau irmbf@yahoo.com



Artikel Terkait:

0 komentar:

Flash

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP