..::::::..

Muktamar Al-I’lam Al-Islami Diadakan di Jakarta

Jakarta - Pemerintah RI dan Rabithah Alam al Islami (Ikatan Islam se-Dunia), lembaga swadaya masyarakat yang bermarkas di Makkah, Arab Saudi, berencana menyelenggarakan Muktamar al-I’lam al-Islami (Konferensi Penyiaran Islam Internasional) di Jakarta pada September 2011 medatang.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Bahrul Hayat, mengemukakan hal itu kepada pers di Jakarta, Senin (13/7/2011) usai menandatangani nota kesepahaman dengan Liga Muslim Sedunia atau Rabithah Alam al Islami.

“Konferensi Penerangan Islam Internasional yang pertama pernah diselenggarakan di Jakarta tahun 1980-an, saat itu Menteri Penerangan Harmoko,” kata Bahrul.

Tema konferensi kali ini mengenai media dan teknologi informasi di dunia Islam, mencari solusi negara-negara Islam menghadapi perkembangan pesat ICT. “Tapi, tema ini akan difinalkan pada minggu kedua pertemuan dengan Rabithah,” ujarnya.

Ia mengatakan, peran media sangat penting dalam era globalisasi khususnya bagi dunia Islam. “Media telah memberi kontribusi bagi perkembangan yang terjadi di dunia Islam,” ujarnya.

Bahrul Hayat menjelaskan, konferensi kali ini akan diikuti oleh menteri-menteri komunikasi di negara-negara Islam serta para pakar komunikasi atau ahli media internasional dari negara Islam.

Dikatakannya, bagi pemerintah RI kegiatan ini merupakan bagian dari mengajak dunia melihat konstelasi media di negara-negara Islam, ini juga peluang untuk membuktikan bahwa Indonesia menjadi salah satu pusat peradaban Islam di dunia.

Direktur Utama Media dan Relasi Rabithah Alam al Islami, Hassan Al Ahdal, mengatakan, Indonesia mempunyai peran strategis di mata dunia internasional, terutama untuk memberikan wajah Islam yang sebenarnya.

Apalagi, Indonesia adalah negara dengan populasi penduduk Muslim terbesar. Ia menegaskan bahwa “RI dan MWL berkomitmen kampanyekan Islam agama damai.

Konferensi ini rencananya akan mengagendakan beberapa hal penting, terutama membahas kesiapan dunia Islam menghadapi perkembangan ICT, konstribusi dan bagaimana media berperan.

Red: Jaka

Sumber: antara

(SI ONLINE) - Tuesday, 14 June 2011 21:16 Written by Jaka

(nahimunkar.com)

Apabila ada pertanyaan, kritik, atau saran silakan hubungi di nomor 0411-9303899



Artikel Terkait:

0 komentar:

Flash

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP