..::::::..

Perluasan Masjidil Haram Diluncurkan

خادم الحرمين يطلق أكبر توسعة للحرم المكي في تاريخ الكون


alyaum.com

Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah hari Jum’at (19/8) meluncurkan program perluasan Masjidil Haram terbesar dalam sejarah, yang akan meningkatkan kapasitas masjid menjadi lebih dari 2,5 juta jamaah dengan biaya 80 milyar riyal.

Sebelum meletakkan batu pertama pembangunan perluasan, Raja Abdullah meninjau maket proyek Masjidil Haram yang akan dilaksanakan.

Raja Abdulah mendedikasikan mega proyek itu untuk Muslim di seluruh dunia.

“Sebagaimana diharapkan raja, seluruh dunia Islam pasti akan bangga dengan proyek perluasan yang baru ini,” kata Saleh Al Husein, kepala kantor urusan dua masjid suci umat Islam.

Masjidil Haram akan diperluas 400.000 meter persegi ke arah barat laut dan timur laut.

Menurut Muhammad Al Khuzaim, wakil kantor urusan dua masjid suci, area mataf (sekeliling ka’bah yang digunakan untuk thawaf) akan diperluas. Seluruh bagian masjid nantinya akan dilengkapi dengan pendingin udara. Kedua bagian proyek ini akan dilakukan seiring dengan perluasan masjid.

Direktur proyek ini Abdul Husein bin Humaid mengatakan bahwa kerja besar itu akan dituntaskan dalam waktu satu setengah tahun.

Luas Masjidil Haram yang sekarang 356.000 m2 dan dapat menampung 770.000 jamaah. Proyek perluasan menambah area masjid seluas 456.000 m2, sehingga 1,2 juta jamaah akan bisa ditampung sekaligus dalam satu waktu.

Terowongan sepanjang 1.200 meter menembus Jabal Hindi akan dibangun pada tahap akhir perluasan. Terowongan sepanjang 1.100 meter lainnya akan dibangun di bawah Jabal Madafie. Terowongan darurat yang menghubungkan dua tempat itu akan dibangun mulai dari Jabal Al Ka’bah sepanjang 700 meter.

Dalam kesempatan yang sama, Raja Abdullah meresmikan menara jam Makkah, perluasan mas’aa (tempat sa’i antara Safa dan Marwah) menara Raja Abdul Aziz, jembatan Jamarat di Mina, jalur kereta api Mashair yang menghubungkan Mina, Arafah, Muzdalifah serta tenda peneduh di Masjid Nabawi.*

Sumber : an

Red: Dija

Hidayatullah.com– Sabtu, 20 Agustus 2011


dipublikasikan ulang oleh hukmulislam.blogspot.com



Artikel Terkait:

0 komentar:

Flash

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP